TIPS MENJADI PEBISNIS ALA TIONGHOA

Artikel atau tips ini dikutip dari Majalah Duit Edisi No.10/III/Oktober 2008 tentang 135 Prinsip Bisnis Orang Tionghoa (yang diajarkan Orang Tua kepada Anaknya) yang kebetulan saya berlangganan Majalah Duit karena saya kira majalah ini sangat bagus untuk para pebisnis baik pemula ataupun yang sudah berjalan.

Tips menjadi pebisnis ini saya hanya kutip pada bagian Tips Menarik dan Melayanai Pelanggan dan untuk selebihnya bisa beli Majalah Duit deh, karena ga rugi, harganya murah dan banyak informasi yang didapat.

Tips menjadi pedagang untuk menarik dan melayani pelanggan terdiri dari:

  • Pedagang harus menunjukkan kejujuran dan keikhlasan selagi melaksanakan perdagangan
  • Pedagang harus mewujudkan kepercayaan dan ikatan yang akrab dengan pelanggan tidak peduli apakah pelanggan lama atau baru, pelanggan besar atau kecil
  • Pedagang harus melayani para pelanggannya dengan baik karena mereka adalah bagian penting dari perdagangan
  • Pedagang tidak boleh menuruti perasaan dan kehendak sendiri
  • Pedagang harus mengikuti permintaan dan keperluan pelanggan
  • Pedagang harus selalui bermuka manis dan kaya senyum
  • Pedagang tidak boleh marah dan membentak pelanggan
  • Pedagang buka tauke, karena bos yang sebenarnya adalah pelanggan
  • Pedagang tidak boleh sombong, angkuh dan congkak
  • Pedagang harus rajin bekerja dan mudah mengulurkan bantuan
  • Pedagang harus siap memberikan pelayanan tambahan dan dalam konteks perdagangan ritel, mengantar barang ke rumah pelanggan
  • Pedagang harus rajin bekerja dan mengulurkan bantuan
  • Pedagang tidak boleh ragu-ragu menjawab segala pertanyaan orang banyak
  • pedagang harus menunjukkan bahwa dia adalah orang yang berkaitan dengan perdagangannya
  • Pedagang harus memperhatikan apa yang terjadi di masyarakat dan isu terkini
  • Pedagang harus memiliki kepekaan yang tinggi dan rasa simpati yang mendalam pada pelanggannya
  • Pedagang harus menjadikan pelanggan sahabat, bukan sebagai pembeli yang datang dan pergi
  • Pedagang tidak boleh pelit memberikan diskon, pujian dan penghargaan kepada pelanggan
  • Pedagang harus bangun pagi-pagi sekali dan membuka perdaganannya secepat mungkin
  • Pedagang harus memberikan pelayanan yang cepat, jangan membiarkan pelanggan menunggu
  • Pedagang harus mudah diajak bicara dan berunding
  • Pedagang tidak boleh bersikap suka berprasangka dan menghakimi para pelanggan
  • Pedagang harus selalu berpikiran terbuka dan positif.
  • Pedagang tidak boleh reaktif dan terburu-buru
  • Pedagang harus menunjukkan pelanggan bahwa dia selalu sibuk
  • Pedagang tidak boleh tidur sewaktu menjalankan tugas dagang
  • Pedagang harus berusaha menciptakan suasana ceria bukannya menimbulkan kebosananan
  • Pedagang harus memastikan tempatnya penuh dengan barang, jangan biarkan ruangan kosong
  • Pedagang harus memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk membuat pilihan.
  • Pedagang jangan sekali-kali turut campur dalam keputusan untuk pelanggan kecuali diminta
  • Pedagang harus membuat pelanggan merasa kehadirannya dielu-elukan.
  • Pedagang tidak boleh berkata “tidak” kepada pelanggan
  • Pedagang harus berperan sebagai pedagang, bukannya orang yang suka mengumpat, berjudi dan minum arak.
  • Pedagang harus belajar menggunakan uang dan meningkatkan kemahiran menabung
  • Pedagang harus menyediakan uang receh sebagai uang kembalian bagi pelanggan.
  • Pedagang tidak boleh menunjukkan kemewahan di depan pelanggan karena image bukan datang dari perhiasan, melainkan pelayanan yang diberikan.
  • Pedagang jangan sekali-kali makan di depan pelanggan karena dianggap perbuatan yang tidak sopan.
  • Pedagang harus menempel pengumuman jika tempatnya ditutup untuk sementara waktu.
  • {edagang jangan mencari musuh karena tidak baik bagi perdagangan
  • Pedagang jangan terlalu suka dan kerap membicarakan mengenai keuntungan.
  • pedagang harus tahu membedakan keuntungan janga pendek dan jangka panjang
  • Pedagang tidak boleh terlalu yakin harus waspada dan berjaga-jaga
  • Pedagang sebaiknya tidak menjuadikan tempat perdagangan sebagai tempat tinggal untuk keluarga bertandang atau numpang makan
  • Pedagang harus menyimpancadangan dan stok barang supaya tidak terjadi kekurangan
  • Pedagang harus menepati janji dan menyelesaikan hutang
  • Pedagang tidak akan rugi jika memberikan sedikit insentif kepada pelanggan dalam bentuk potongan harga, hadian atau menambah berat barang yang dibeli oleh mereka
  • Pedagang tidak boleh menyalahkan orang lain jika terjadi kerugian dan kecelakaan, semua harus diterima dengan teguh hati
  • Pedagang harus mewujudkan situasi win-win antara dirinya dan pelanggan. Dengan begitu hubungan mereka akan kekal dan perdagangan akan dapat bertahan

Hayo, sapa yang mau jadi pedagang… asal jangan perdagangan manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: